Senin, 23 November 2015

Taman Berbagi, Taman Mencari Inspirasi : "Taman Sosiologi"

Posted By: Novarisma Dee - 14.34

Taman Sosiologi- Sebuah kota yang mempertemukan kita, sebuah kampus yang mempererat persahabatan kita dan di sebuah departemen kita tidak dapat dipisahkan. Tidak lain, kita dipertemukan di departemen Sosiologi, Universitas Gadjah Mada. Suatu hari, inilah pertemuan singkat kami, senyum kami tidak pernah hilang, mencoba beradaptasi dan saling mengenal. Inilah lingkungan baru, dan kita saling bergandengan, menatap masa depan, apakah kita perlu bersinergi? membuat gebrakan untuk masa depan?. Dan muncullah ide konyol, penuh canda gurau, dan penuh keseriusan. Inilah media kami, media untuk belajar, media untuk berbagi dan media investasi masa depan. Diskusi di taman inilah yang mencetuskan nama "Taman Sosiologi", taman tempat bermain, mencari hiburan, mencari inspirasi sampai pada mencari ilmu dan berdiskusi.

Kita bukan seorang penulis, namun, kita masih belajar untuk mengeja dan merangkai kata. Kita juga bukan sosialis, namun, keseharian kita disibukkan dengan issu sosial di masyarakat. Kita juga bukan sosiolog, namun, kita mencoba menganalisis dan mengamati masyarakat layaknya sosiolog. Kita hanya mahasiswa yang sok tahu dan ingin tahu mengenai issu dalam masyarakat. Mengajak berbagi dan saling bertukar ilmu pengetahuan, mengajak perdamaian dengan penuh kebahagian. Mengajak hidup berdampingan tanpa mempermasalahkan perbedaan.

Kami terdiri dari empat orang, firstly panggil aja dengan sebutan Mbak Sofa, asal dari Pati, Jawa Tengah. Penuh wawasan luas, suka berpendapat dan salah satu pembantu dalam penelitian sosial. Ia mengungkapkan bahwa "Belajar tidak harus di dalam kelas, karena di luar kelas, dan di masyarakat pun kita akan banyak belajar". Jadi, tidak perlu ada pembeda dalam pendidikan, karena selama dia masih hidup dalam masyarakat, sebenarnya dia juga masih belajar, dan disanalah ilmu dapat diperoleh, yang bahkan tidak dapat dienyam di dalam pendidikan formal.

Kedua, ia adalah seorang yang mencintai seni musik dan hiburan, panggil aja Mbak Yuli. Ia berasal dari Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Senyuman khasnya kadang memberi sinergi positif, mengajak untuk bersama dan mengajak lebih dekat. Dalam sebuah obrolan pernah ia sampaikan, "Mengisi waktu luang adalah waktunya membaca bacaan humanities dan kepribadian" . Selain hoby bernyanyi ia juga mengasah wawasan untuk mengerti orang lain, melalui perilaku dan kepribadian. So, lakukan segala sesuatu tanpa ada paksaan, mengalir layaknya air, dengan mengetahui koridor dan batasnya. Karena hidup ini penuh misteri jadi jangan pernah membuat lebih sulit, enjoy dan resapi setiap moment, mungkin inilah cara terbaik menikmati hidup.

Selanjutnya, Mbak Fany, asal dari Bantul Yogyakarta. Ia juga sibuk mengajar, pekerjaan mulia untuk ikut mendidik generasi bangsa. Dalam setiap senyumannya pun tidak ada paksaan, ramah dan murah senyum menyatu dengan jiwanya. "Mungkin tak seperti pendidik kebanyakan yang fokus di dalam kelas, karena ia juga mengajarkan pendidikan melalui media", sembari menonton video dan penelitian lapangan ungkapnya. Inilah pendidikan masa kini yang jauh lebih efektif dan merasap dalam ingatan siswa melalui media. Medialah wadah kita, medialah lingkungan baru kita. Gunakan media dan awasi penggunaannya!

Last but not less, panggil saja Mbak Risma, asal dari Ponorogo Jawa Timur. Ia juga banyak menyibukkan diri di kegiatan sosial, kegiatan pemberdayaan melalui suatu program yang ditempatkan di Jawa Barat. Bukan hal yang asing melakukan perjalanan, Jawa Barat - Jogja berasa dekat karena senyum kebahagiaan. Dia mengajarkan "Segala sesuatu berasal dari kebahagian, dan semua akan mudah karena kebahagiaan". Kebahagian tak semudah wacana, karena kebahagian datangnya dari jiwa, dipengaruhi oleh lingkungan dan teman, digoda oleh uang. Berjalanlah karena bahagia, berkaryalah karena bahagia, dan kelak menangislah karena bahagia.

Mungkin ini perkenalan singkat kami, perkenalan pembuka karena kita pemula. Singkat dan padat kata please enjoy this site, please learn this site, we open to make a discussion for improving this site. Let's share, let's learn !!

Quote of The Day : Koleksi Risma

About Novarisma Dee

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Taman Sosiologi

Designed by